SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Goreng Sangrai Atau Sangan

Kacang goreng sangrai renyah. Bumbu digoreng sangan sampai kekuningan. Kalimat ini sering kita dengar atau baca dalam kehidupan harian. Apakah artinya goreng sangrai atau goreng sangan itu? Goreng sangan atau sangrai  adalah suatu proses penggorengan yang dilakukan tanpa menggunakan minyak. Penggorengan sangan ini menggunakan media alat goreng atau wajan yang dipanaskan dengan sumber panas. Sumber panas ini bisa dengan tungku atau kompor gas.

Bahan yang digoreng ditaruh di atas wajan yang sudah dan terus dipanaskan sampai bahan yang digoreng itu masak sesuai yang diinginkan. Pada saat penggorengan tersebut terjadi perubahan keadaan bahan makanan, baik sifat fisik maupun sifat kimiawinya sehingga keadaan bahan pangan ada yang menjadi lunak dan enak dimakan.

Pemanasan ini mengakibatkan sebagian besar mikroorganisme dan enzim mengalami kerusakan, sehingga bahan yang telah di masak lebih tahan lama beberapa hari. Untuk pengorengan sangan, di gunakan radiasi panas dimana terjadi secara secara pancaran dan berlangsung secara radiasi. 

Proses pengorengan sangan bisanya dilakukan pada bahan biji-bijian seperti kacang tanah, jagung, kopiataupun bumbu masak tertentu. Untuk beberapa jenis makanan misalnya kacang polong dan kacang tanah, penggorengan yang di lakukan adalah sedemikian rupa sehingga tidak terjadi perubahan dalam penampakan ataupun kehillangan rasa sedap. Akan tetapi pada kacang tanah jenis polong-polongan, pemanasan dengan sumber panas yang tinggi dapat menyebabkan kegosongan. Demikian juga untuk goreng sangan bumbu perlu pemanasan yang kecil, tidak panas tinggi supaya tidak gosong.

Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *