SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Jenis Mie

Ada beberapa jenis mie yang terkenal di daratan Asia, termasuk Indonesia. Penggolongan ini menyoroti bentuk dan ukuran mie.  Jenis mie golongan ini ada yang dibuat tipis atau tebal, pipih atau bulat. Panjang mie bisa bervariasi dari yang 10 cm sampai 100 cm. Pengemasan mie yang panjang bisa dipotong sesuai selera atau kebutuhan. Atau, dikemas dengan cara digulung. Kemasan ini bisa dlam keadaan basah maupun kering.

Berdasarkan bahan mie. Mie terbuat dari tepung gandum, beras, singkong, ganyong ataupun sagu. Bahan pembuat mie ini terus berkembang seiring dengan perkembangan kuliner jaman sekarang ini. Varian bahan bisa dari bahan yang sama sekali baru ataupun kombinasi dari bahan yang sudah biasa digunakan. 

Pertimbangan bahan ini terkait juga dengan tren kesehatan. Pola makan diyakini mempengaruhi kesehatan, misalnya orang dalam kondisi tertentu yang harus mengurangi asupan kalori rendah. Maka diciptakan mie dengan menambahkan campuran sayuran dan mengurangi kadar tepungnya. Ada pertimbangan ketersediaan bahan. Mie Lethek adalah hasil olah kreatif kuliner mengolah singkong. 

Setiap jenis mie memiliki sejarah tersendiri dalam dunia kuliner di negaranya atau daerah tertentu.  Menelusuri bahan dan sejarah olahannya, memang cukup rumit karena menyangkut budaya kuliner antar negara selama berabad-abad. Jenis mie itu antara lain: mie La Mian, mie Ramen, mie Udon, mie Soba, mee Pok, Hor Fun atau Shahe Fen, Soun, Mie Bihun, Idiyappam, Dotori Guksu, mie Lethek.

Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *