SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Asal - Usul Mie


Dalam budaya China, mie adalah simbol kehidupan yang panjang. Simbol ini dimunculkan secara tradisional dalam sajian pada acara ulang tahun dan saat Tahun Baru Cina, yaitu hampir selalu ada mie dalam menu sajiannya. Semakin panjang mie bisa disajikan, semakin panjang umurnya. Olahan mie ini sangat bervariasi bumbunya, dengan kuah ataupun tanpa kuah.

Di Jepang, mie dimasukkan ke dalam upacara minum teh. Tradisi membuat mie dianggap sebagai seni tersendiri di negara tersebut. Mie bahkan menjadi lebih penting di Jepang setelah Perang Dunia II, ketika kekurangan makanan dan hanya mie kering yang tersedia.

Selama bertahun-tahun, asal usul mie masih menjadi perdebatan. Masih simpang siur siapa yang pertama kali membuatnya. Beberapa pendapat mengatakan bahwa mie pertama kali dibuat di daratan Mediterania.

Lain lagi mengungkapkan teknologi pembuatan mie dikembangkan di Timur Tengah. Ada pula sebuah catatan tua yang merekam bahwa mie pertama kali dibuat saat jaman Dinasti Han di China tahun 25-200. Kemudian pada tahun 2005, ditemukan mie tertua yang berumur 4000 tahun di daratan China. Penemuan ini menjadi bukti bahwa penduduk China modern adalah yang pertama membuat mie.

Namun, apakah teknologi pembuatannya diadopsi dari Timur Tengah atau tidak, masih terus menjadi perdebatan. Banyak orang yang juga menyangka bahwa mie berawal dari pasta sehingga menunjuk Italia yang pertama membuat mie. Namun, banyak sejarahwan percaya bahwa ketika Marco Polo berkunjung ke China pada abad ke-13, dia menyukai mie dan membawanya ke Italia dan memengaruhi masakan di negaranya.

Pada kenyataannya, mie tidak menjadi makanan pokok di Italia sampai abad ke-17 dan 18. Di benua Asia, mie tidak begitu banyak menyebar sampai kira-kira tahun 100. Pada tahun tersebut, mie mulai dikenal dan disukai di beberapa negara seperti, Jepang, Korea, Vietnam, Laos, bahkan sampai negara-negara pulau di Asia Tenggara dan Asia. Arti Mie

dari berbagai sumber

Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *