SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Onde - Onde


Onde-onde adalah nama sebuah makanan gorengan (kue) yang terbuat dari tepung ketan/terigu dan berbentuk bulat seperti bola, di dalamnya biasanya berisi tumbukan kacang ijo manis.  Bagian kulit luarnya ditaburi biji wijen. Onde-onde merupakan kue yang rasanya gurih dan banyak disukai sehingga terkenal di seluruh dunia.

Onde-onde berasal dari Cina. Kue ini menyebar melaui pedagang di sana menuju daerah selatan Cina, lalu berkembang ke daerah Asia Timur dan Asia Tenggara. Setiap negara memiliki sebutan yang berbeda-beda terhadap kue bulat ini. Sedangkan di Malaysia disebut kuih bom, di Filipina disebut butsi, di Vietnam disebut banh cam atau banh ran. Di Indonesia kue ini disebut onde-onde dan banyak dijumpai mulai di daerah pedesaan hingga perkotaan. Mojokerto merupakan kota yang dijuluki sebagai kota onde-onde. Kue ini banyak tersedia mulai dari warung-warung tradisional maupun di supermarket. 

Onde-onde memiliki rasa gurih dan manis serta mudah kenyang. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat yang tinggi dari tepung ketan yang digunakan sebagai bahan kulit luar onde-onde. Taburan wijen pada kulit luar banyak mengandung protein serta isi onde-onde yang manis. Setiap mendengar kata onde-onde, biasanya seseorang pasti teringat dengan kue bulat yang berisi kacang ijo dan bertabur wijen. 

Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *