SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Mie Ramen




Kuliner asal negeri Sakura ini sudah banyak disukai oleh masyarakat indonesia seperti Sushi, Teriyaki. Kini ada lagi yang juga diminati oleh masyarakat Indonesia yaitu mie ramen. Yang membedakan dengan mie yang lainnya adalah pada kuahnya yang kental dan gurih. Di atas ramen umumnya ditambahkan penyedap berupa beraneka ragam lauk seperti: chasiu, menma, telur rebus, sayuran hijau (seperti bayam), irisan daun bawang, nori, atau narutomaki sebagai hiasan. 

Telur rebus untuk ramen biasanya berwarna coklat karena direbus di dalam kuah bekas rebusan chasiu. Sayuran sekaligus penyedap yang paling umum untuk ramen adalah irisan daun bawang. Sebelum ditambahkan ke dalam ramen, sebagian penjual ramen lebih dulu menggoreng irisan daun bawang di dalam minyak goreng.  Varian masakan mie ramen adalah Sea Food  Ramen  (Ramen Sea Food),  Beef Shoyu Ramen  (Ramen Daging Sapi), Chicken  Ramen (Ramen Daging Ayam)

Mie ramen biasanya berwarna kuning dibuat dari terigu dengan kadar gluten tinggi ditambah air dan bahan kimiea tambahan seperti potasium karbonat, natrium karbonat dan kadang-kadang asam fosfat. Bahan-bahan kimia yang bersifat alkali mengubah sifat alami gluten dalam tepung terigu dan membuat mie menjadi kenyal sekaligus mengaktifkan senyawa flavonoid yang terkandung dalam tepung terigu sehingga mie berwarna kuning. Semakin banyak air maka semakin lunak pula mie yang dihasilkan.

Pada zaman dulu pembuatan mie di Tiongkok menggunakan air asin dari danau Kan di pedalaman Mongolia yang mengandung garam mineral alami. Di Jepang, bahan kimia tambahan untuk membuat mie sampai sekarang ini masih disebut kansui atau air dari Danau Kan. Seusai Perang Dunia II, bahan kimia tambahan untuk mie yang berbahaya untuk kesehatan banyak beredar di pasaran, tapi sekarang bahan kimia tambahan sudah diatur dalam standar JAS. Bahan kimia tambahan untuk mie juga mempunyai bau tidak enak yang sering tidak disukai orang, sehingga di Jepang juga dibuat mie yang menggunakan telur sebagai pengganti bahan kimia.

disarikan dari berbagai sumber


Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *