SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Menghilangkan Bau Amis

Kakap Merah
Mengkonsumsi menu makanan hasil laut tentu terasa menyenangkan, namun bau amis makanan laut itu sering mengganggu para penikmatnya. Anda tak ingin makan udang atau ikan dengan rasa amis, bukan? Penghilang bau amis secara alami dapat kita lakukan sendiri dengan bahan yang mudah kita dapatkan. Bahan-bahan itu antara lain teh, jeruk nipis, cuka, kemangi dan kopi. Bagaimana caranya? Inilah caranya!

 

 Teh

Mungkin sedikit aneh teh untuk menghilangkan bau amis. Perhatikan, ampas daun teh adalah sangat efektif untuk menghilangkan bau amis pada piring dan perangkat masak. Caranya: Rebus ampas daun teh di dalam peralatan dapur yang sebelumnya sudah dicuci dengan air tawar. Diamkan selama 20 menit maka bau amis akan terserap oleh ampas daun teh. Daun teh yang digunakan pun tidak perlu baru, Anda bisa menggunakan ampas daun teh yang telah Anda gunakan.
Jeruk Nipis

 Jeruk Nipis

Semua orang tentu sudah mengetahui jika jeruk nipis mampu menjadi bahan mujarab dalam menghilangkan bau amis. Anda bisa mencuci piring dan perangkat masak dengan menggunakan jeruk nipis. Bau amis yang menempel pun pasti bisa hilang.

Cuka

Cuka ternyata juga sangat ampuh untuk menghilangkan bau amis. Terutama bau amis yang disebabkan oleh ikan. Caranya adalah: Rebuslah 1/2 gelas cuka yang dicampur dengan 1/4 gelas air selama 5 sampai 10 menit, kemudian cucilah piring Anda dengan cairan tersebut.

Kemangi

Daun ini biasa dijadikan lalapan. Di dalam daun kemangi terkandung zat kimia cinnamate, citronellol, geraniol, lonalool, myrcebe dan methyl chavicol. Zat-zat kimia tersebut dapat menghilangkan bau-bau yang tidak sedap, termasuk bau amis. Caranya: peraslah dan gosokkan daun kemangi pada saat mencuci piring atau perangkat masak yang lain. Jika bau amis masih membandel, Anda bisa merendam semua peralatan makan Anda ke dalam air kemangi selama 15 menit.

Kopi

Kopi dapat dipakai untuk menghilangkan bau amis. Caranya tidak jauh berbeda pada saat menghilangkan amis dengan menggunakan teh. Rebus ampas kopi yang dicampur dengan air selama 5-10 menit, kemudian gunakan ampas airnya untuk mencuci peralatan yang amis tersebut. 

Mudah-mudahan dengan cara tersebut peralatan memasak dan piring makan Anda tidak berbau amis lagi dan yang lebih penting dengan cara-cara di atas tidak mengganggu pencemaran lingkungan, karena semua menggunakan bahan-bahan alami yang mudah terurai.

Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *