SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Lada atau Merica




Lada hitam atau black pepper adalah jenis rempah-rempah. Lada ditemukan pertama kali di Malabar, pantai barat India bagian Selatan. Kini lada banyak ditanam di wilayah Asia, terutama Malaysia dan Indonesia. Lada tumbuh baik di daerah yang berhawa sejuk di daerah ketinggian sekitar 500 m dpl.. Lada merupakan tanaman memanjat dari famili Piperaceae (sirih-sirihan) yang pada umumnya tumbuh dalam keadaan terlindung oleh berbagai pohon. Cara berkembang biak tanaman ini dengan cara vegetatif.

Menurut jenisnya lada ada dua macam yaitu lada putih dan lada hitam. Lada putih adalah buah lada yang dipetik saat buah lada itu sudah matang. Lantas dikupas kulitnya dengan cara merendamnya dalam air mengalir selama dua minggu, kemudian dijemur selama tiga hari. Sedang lada hitam ialah buah lada yang saat dipetik sudah matang tapi kulitnya masih hijau, dan langsung di jemur selama tiga hari tanpa direndam terlebih dahulu.

Selama ini, lada dipergunakan sebatas untuk industri makanan khususnya untuk pengawet daging dan bumbu penyedap masakan. Para ibu rumah tangga sering menyebut dengan nama merica, merupakan salah satu komoditas unggulan bagi Indonesia. Manfaat lada dalam rumah tangga sebagai bumbu penyedap rasa yang mengandung senyawa alkolid piperin, berasa pedas. Masakan yang menggunakan merica dan cocok untuk kesehatan seperti sapi lada hitam, saus steak, sup dan sebagainya.

Lada hitam sendiri memiliki rasa yang pedas sehingga ada sebagian orang yang tidak menyukainya. Makanan pedas ini sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lada hitam merupakan sumber vitamin C dan K, kalium, serat, besi, dan mangan yang baik yang berguna bagi kesehatan  tubuh.

Lada dapat melonggarkan saluran pernapasan dan melancarkan aliran darah di sekitar kepala. Oleh karena itu masakan yang berbumbu pedas merica cocok untuk penderita influenza, kepala pusing, perut kembung dan mual akibat masuk angin. Namun pada saat ini lada juga dipergunakan sebagai campuran obat-obatan. Selain itu lada juga dipergunakan untuk industri farmasi sebagai salah satu bahan wewangian.

dari berbagai sumber

Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *