SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Memilih Menu Vegetarian

Banyak orang yang mengira bahwa bervegetarian adalah cara untuk sadar akan kesehatan dan pola makan yang baik. Dorongan seseorang untuk menjadi vegetarian bermacam-macam alasannya, misal: ingin sehat, cantik, langsing, dan panjang umur. Orang-orang vegetarian sebagian besar memilih makan dari bahan nabati.  Makanan nabati dapat dikelompokkan ke dalam jenisbuah, sayuran, padi-padian, buncis, kacang dan biji-bijian.

Pengelompokkan ini hanya untuk menggolongkan makanan berdasarkan asalnya dan/atau atas mutu yang hampir sama. Kelompok-kelompok demikian bisa saling melengkapi karena sebagian dari mereka merupakan makanan serbaguna.  Jagung kadang digunakan sebagai sayuran dan kadang sebagai biji-bijian. 

Sebagian orang vegetarian juga rindu akan rasa dan/atau tekstur dari produk hewani. Mereka berharap untuk menemukan penggantinya dalam resep-resep non-vegetarian, yaitu pengganti telur atau daging.

Pengganti telur. Suatu hal yang sulit untuk menemukan pengganti yang memiliki daya pengikat seperti telur untuk kue, roti, dan sebagainya. Walaupun terdapat tepung biasanya menggunakan bahan dasar tepung kentang atau tepung kacang panjang, tahu, tepung ararut, dan buah aprikot yang diblender dengan sedikit air. Bahan-bahan demikian tentunya memiliki nutrisi yang berbeda-beda.

Pengganti daging. Selama beratus-ratus tahun, penduduk Asia Timur telah membuat bahan pengganti yang menyerupai berbagai macam jenis daging. Di dunia Barat, umat Kristen mengonsumsi produk-produk tersebut pada masa Advent selama tujuh hari yang menganjurkan pola makan vegetarian.

Produk-produk ini biasanya terbuat dari kedelai, tepung, dan/atau protein kacang, dan dijual baik dalam kaleng atau dibekukan, atau sebagai campuran tepung. Sebagian mengandung putih telur yang berperan sebagai pengikat, yang lainnya adalah murni vegetarian. Sebagian besar dari produk ini diperkaya dengan nutrisi untuk menyamakan dengan kepadatan nutrisi dalam daging. 

Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *