SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Pesta Potluck

Ada berbagai cara orang menyelenggarakan pesta. Pesta tidak hanya sekedar kumpulan orang untuk makan bersama, tetapi yang lebih penting adalah adanya perjumpaan pribadi antar para peserta pesta tersebut. Perjumpaan ini menjadi penting karena ada kerinduan di antara mereka atau karena ada sesuatu yang akan dicapai melalui perjumpaan tersebut. Perjumpaan dalam suasana yang menyenangkan dengan suguhan sajian makanan memberikan kesan yang mendalam. Kesan ini akan menjadi memori yang kuat dan akan dikenang menjadi “romantisme kenangan”. Romantisme kenangan yang kuat akan menimbulkan keinginan untuk mengulang atau ingin menikmati kembali apa yang terjadi pada masa lalunya. Dengan demikian, pesta harus diusahakan dengan maksimal mungkin bisa menjadi “romantisme kenangan”

Salah satu bentuk pesta adalah potluck. Kata ‘potluck’ berasal dari kata ‘potlatch’ atau  ‘pot lucke’ yang artinya kurang lebih ‘beruntung mendapatkan sesuatu (makanan) dari dalam panci’. Kebiasaan mengadakan pesta atau kumpul-kumpul dengan makanan saweran ini dilakukan oleh orang Amerika. Prinsipnya, tiap tamu boleh membawa makanan secukupnya untuk kemudian dinikmati bersama dengan tamu yang lain. Umumnya tiap tamu membawa makanan yang berbeda sehingga bisa saling mencicipi. Agar makanan yang dibawa oleh tamu bisa dinikmati dengan baik sebaiknya tentukan tema ‘potluck party’. Pesta gaya ‘potluck’ mulai banyak digemari karena praktis dan lebih bisa menjalan kebersamaan.

Pesta potluck perlu beritahukan kepada para undangan, minimal seminggu sebelumnya agar para tamu bisa menyiapkan makanan yang akan dibawa dengan baik. Informasikan juga jumlah tamu yang diharapkan hadir dan jumlah hidangan yang diharapkan sehingga tamu bisa memperkirakan jumlah makanan yang dibawa berikut jenisnya. Misalnya, jika jumlah tamu 50 orang, jumlah makanan lebih dari 10 jenis maka tiap tamu cukup membawa 1 jenis makanan untuk sekitar 10 orang. Khusus untuk nyonya rumah, biasanya tidak diminta untuk menyiapkan makanan lagi karena sudah menyediakan tempat. Bisa saja diberi kesempatan menyiapkan nasi putih, air, tisuue atau buah segar yang tidak merepotkan.

Jika Anda akan membawa makanan untuk ‘potluck party’, usahakan menaruh dalam wadah yang siap saji sehingga tuan rumah tak perlu lagi memindahkan ke wadah saji lagi. Khusus untuk sup sebaiknya lengkapi dengan panci atau mangkuk untuk menghangatkan sekaligus mangkuk-mangkuk sajinya. Jika tak ingin repot,  kemas makanan untuk sekali ambil. Misalnya, kue sudah dipotong-potong atau taruh puding dalam cup mungil. Dengan cara ini nyonya rumah tidak akan kerepotan memberesi peralatan saji atau makan.

(Disarikan dari berbagai sumber)

Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *