SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Daun Pepaya Tidak Pahit ?


Daun pepaya pahit rasanya. Rasa pahit ini bagi sebagian orang menjadi alasan untuk tidak mau makan daun pepaya. Tetapi, bagi sebagian orang, rasa pahit ini adalah kenikmatan tersendiri. Rasa suka dan tidak suka memang tidak bisa diperdebatkan karena tidak ada ukuran baku yang bisa diterima secara bersamaan di antara banyak orang. 

Di kalangan masyarakat tradisional, daun pepaya banyak dikonsumsi untuk sayuran. Aneka masakan dengan racikan daun pepaya antara lain: urap, oseng, pecel, gudheg, buntil dll. Campuran masakan ini beraneka macam, antara lain: ikan teri, tempe, daging, daun ketela, cabe hijau atau merah. Bagi mereka yang tidak suka pahitnya daun pepaya, berikut ini cara untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya sebelum dimasak sesuai jenis masakan yang kita diinginkan, yaitu:

1. Rebuslah daun pepaya bersama dengan beberapa lembar daun jambu biji. Setelah daun tersebut direbus sampai airnya mendidih, tiriskan daunnya dan rebus kembali dengan air bersih sampai matang. 
2.  Rebuslah daun pepaya bersama dengan beberapa lembar daun jambu mete. 
3. Rebuslah daun pepaya dengan campuran daun singkong saat merebusnya. 
4. Campurkan daun pepaya dengan garam kasar, lalu remas sampai daun pepaya menjadi lemas dan layu. Diamkan selama 5 menit, lalu cuci bersih dan rebus sampai matang. 
5. Rebus daun pepaya utuh dengan tanah liat (jawa: lempung) di dalamnya. Setelah empuk, pisahkan daun pepaya dari tanah liat. Daun pepaya yang utuh akan memudahkan cara mencucuinya. Cuci daun pepaya dengan air bersih dengan cara mengangkat gagang daunnya. Ulangi beberapa kali sampai tanah liat benar-benar hilang dan daun pepaya menjadi bersih. Selamat mencoba dan menikmatinya.

(dari berbagai sumber)

Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *