SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Wedang Uwuh (Garbage Drink)

Wedang uwuh ini adalah minuman khas dari Yogyakarta. Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan rempah – rempah dan dedaunan sehingga mirip dengan sampah. Rempah-rempah yang biasa diracik adalah jahe, cengkeh, kayu manis, pala dll. Dedaunan yang biasa diracik adalah daun cengkeh, daun kayu manis, daun salam, sereh dan serutan kayu secang.

Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman hangat, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena serutan kayu  secang. Bau harum muncul dari aroma kayu manis. Rasa hangat-pedas terbentuk dari jahe dan dedaunan rempah lainnya

Cara menyedu atau memanaskan wedang uwuh adalah sebagai berikut: bakar jahe, lalu dimemarkan. Tuang air dalam panci. Masukkan jahe, cengkeh atau batang cengkeh, daun cengkeh, daun kayu manis, daun pala, serutan kayu secang, jahe, dan gula batu. Masak dengan api sedang hingga mendidih. Rebus selama kurang lebih 15 menit. Tuang ke dalam gelas dengan disaring ataupun tanpa disaring, lalu hidangkan dalam keadaan hangat. Wedang uwuh dipercaya sebagai anti oksidan, menyegarkan badan, menyembuhkan masuk angin dan menghagatkan badan.

Pada awalnya wedang uwuh masih dalam bentuk bahan utuh berupa rempah-rempah asli, namun seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan kepraktisan, saat ini wedang uwuh sudah dikembangkan menjadi dalam bentuk instan, maupun bentuk celup.


Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *