SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Nasi Campur

Nasi campur adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari pulau Dewata, Bali. Nasi campur ini sudah dikenal luas di Indonesia. Katering Sari Rasa Magelang menambahkan menu ini dalam daftar menu utama untuk menu pondokan. Reaksi para pelanggan sangat tinggi untuk memasukkan dalam daftar menu pestanya. Selera pedas dengan kelengkapan lauknya adalah alasan sebagian  selera makan para pelanggan.

Makanan ini terdiri dari nasi putih  yang dihidangkan dengan bermacam-macam lauk-pauk. Lauk yang digunakan adalah sambal goreng, abon, serundeng, tahu goreng, ikan goreng, telur dan lain-lain.  Ada juga yang menambahkan ayam betutu, sate lilit, telur bumbu tomat pedas, jukut urap, ikan berbumbu, daun ubi bumbu cabai, kacang tanah goreng, kulit ayam goreng dan sambal mentah. Tergantung dari warung atau rumah makan yang menyajikannya nasi campur dapat memiliki variasi tersendiri.

Ikan pindang biasanya dari ikan laut direbus kemudian digoreng kembali kemudian dicampur bumbu pedas. Kuah dari ikan pindang ini terkenal di Bali sebagai salah satu bahan utama rujak kuah pindang. Jukut urap yang selalu jadi lauk wajib. Jukut terdiri dari rebusan kacang panjang, bayam, tauge yang dicampur dengan parutan kelapa bakar. Aromanya wangi segar dan taburan kacang tanah goreng bikin rasanya renyah enak di lidah! 

Telur rebus yang diselimuti sambal tomat cabai yang kemerahan dengan rasa sedikit asam dan pedas. Rasa pedas nasi campur ini dipicu oleh sambal matah khas Bali. Sambal ini terbuat dari cabe yang dipotong kecil dicampur garam kemudian digoreng dengan minyak kelapa murni hingga cabe sedikit layu tapi tetap segar saat digigit. Sambal ini sebelum disajikan dicampur dengan bawang goreng gurih dan renyah. 

Penyajiannya dalam tempat anyaman lidi yang dilapisi daun pisang atau kertas minyak. Daun pisang lebih cocok untuk memunculkan kesan alami dan segar. Nasi campur ini hampir tidak kuahnya sehinga tidak takut bocor ketika disajikan dengan lapisan daun pisang. Orang Bali biasanya makan nasi campur dengan tangan langsung, tanpa sendok. Alasannya, demi kenikmatan yang alami.

Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *