SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Sate, Satai (Satay)



Sate atau satai (Ing:satay) adalah makanan asli nusantara berupa olahan daging dengan cara dipanggang di atas bara arang kayu. Daging yang akan dipanggang terlebih dahulu diiris kotak atau dadu kira-kira 2 cm. Bumbui daging irisan tadi dengan daun jeruk, kecap manis dan sedikit garam. Untuk memudahkan memanggang, daging tersebut dirangkai dengan ditusuk batang lidi dari bambu. Jumlah daging dalam rangkaian satu tusuk berkisar 5 - 7 iris tergantung besar kecilnya irisannya.

Pemanggangan ini harus hati-hati dan teliti supaya matangnya merata dan tidak gosong. Selama membakar sesekali diangkat dan dicelupkan ke bumbu yang sudah disiapkan. Sate yang sudah matang biasanya berwarna kecoklatan. Sate disajikan dalam kondisi masih hangat dengan bumbu dan nasi atau lonthong. Bumbu sate  terbuat dari campuran kacang, petis dan sedikit bawang merah.

Berdasarkan asal daerahnya, sate dikenal dengan nama sate Madura, sate Tegal, sate Betawi dan lainnya. Sate yang terkenal adalah sate yang dibuat oleh orang Madura.  Perbedaan sate antar daerah biasanya terletak pada bumbunya, bahan tambah lalapan dan cara penyajiannya.

Sedangkan, sate berdasar daging yang dimasak dikenal dengan nama sate ayam, sate kambing, sate kerang dan lainnya. Bumbu yang dipakai juga berbeda untuk olahan daging yang berbeda. Sate ayam biasanya dibumbui dengan kacang. Sate daging biasanya cukup dengan kecap dan bawang merah iris.

Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *