SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Tujuh Makanan Saat Musim Kemarau

Musim akan mempengaruhi perilaku pola makan seseorang demi memenuhi kebutuhan untuk hidup sehat. Musim penghujan hampir habis dan segera datang musim kemarau, musim panas. Di saat cuaca panas sebaiknya kita banyak makan makanan yang kaya kandungan antioksidan, vitamin dan mineral untuk menjaga kondisi tubuh kita. Lebih baik kalau sumber makanan itu datang dari area lokal saja. Makanan lokal juga cenderung lebih murah dibandingkan yang datang dari luar negara. Makanan apa saja yang baik dikonsumsi saat musim kemarau / panas ini? Berikut ini tujuh makanan yang baik dikonsumsi saat musim kemarau:

1. Brokoli
Tanaman dari suku kubis-kubisan ini punya segalanya. Tanaman dari suku ini sering diketahui memiliki kandungan yang bisa menetralisir racun di organ hati dan membantu menjaga sistem tubuh kita, membuat kita tampak dan merasa sehat. Brokoli banyak ditemukan di bulan Mei sampai dengan Juni.

2. Buah Alpukat
Kita semua tahu kalau buah alpukat itu kaya lemak, jadi bagaimana ceritanya bisa bikin langsing? Buah ini sudah banyak dikenal sebagai sumber energi di musim semi / panas di beberapa negara sub-tropis. Kandungan kaya lemak dari alpukat merupakan sumber energi sehat tahan lama untuk kita sehingga kita jadi jarang ngemil makanan lainnya.

3. Kacang Kedelai
Kacang kedelai ini merupakan tumbuhan kaya protein yang rendah kalori dan sarat energi. Kacang ini dikenal sebagai phytoesterogen, yang artinya kandungan di dalamnya bisa bekerja seperti hormon kewanitaan esterogen ketika dikonsumsi.  Kacang kedelai ini bisa banyak ditemukan di bulan Juni hingga September.

4. Terong
Terong itu kaya akan nasunin, suatu antioksidan yang terdapat di kulitnya yang bisa mencegah penyebaran kanker. Terong juga dapat meningkatkan kesehatan pembuluh jantung (cardiovascular), bahkan suatu studi telah menunjukkan bahwa buah ini dapat meningkatkan aliran pembuluh darah. Terong juga kaya akan trytophan, jadi bisa membuat kita tidur lebih nyenyak di malam hari dan kita akan bangun dengan segar.

5. Anggur
Buah ini kaya akan antioksidan, apalagi buah anggur ungu. Antioksidan dapat membantu kita tampak awet muda lebih lama dan bisa melindungi kita dari kanker, dan bisa membantu meningkatkan daya ingat. Buah anggur banyak dikenal sebagai cemilan rendah kalori. Kita bisa menemukan buah ini di bulan Juli hingga Oktober.

6. Tomat
Buah-buahan berwarna merah dan sayuran artinya banyak mengandung lycopene (pigmen karotenoid merah), suatu antioksidan pelawan kanker yang kuat.  Pigmen tersebut juga diketahui bisa mengurangi kerusakan sel akibat racun dan proses penuaan.  Buah tomat tersedia di bulan Juni sampai dengan Oktober.

7. Asparagus
Asparagus adalah sayuran khas musim panas yang kaya akan nutrisi. Semangkuk asparagus lebih dari cukup untuk asupan vitamin K harian kita. Sayuran ini kaya akan folat, vitamin C, vitamin A, thiamin, niacin, tryphtophan, serat, dan vitamin B6. Banyak tersedia di bulan April hingga Juni.

dari berbagai sumber

Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *