SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Jajan Pasar

Jajan pasar merupakan racikan aneka jenis penganan khas Indonesia yang banyak dijumpai di pasar tradisional. Jenis makanan tersebut biasanya disajikan dalam nampan besar, tenong, ataupun tampah (sejenis nampan dari anyaman bambu) yang terdiri dari getuk, grontol, lopis, sawut, cenil, tiwul, dan ketan (hitam dan putih). Juga ada makanan rebusan atau dikukus, misalnya: pisang, kacang tanah, ubi jalar dan lain-lain.

Di atas jajanan tersebut ditaburi dengan parutan kelapa dan juruh dari gula merah yang semakin menambah kenikmatan jajan pasar itu sendiri. Mungkin sebagian pembaca akan merasa asing dengan kuliner seperti ini. Dewasa ini jajan pasar sudah jarang kita jumpai. Seiring perkembangan jaman, jajan pasar memang seolah tenggelam oleh menjamurnya waralaba-waralaba yang memakai brand luar negeri.

Tidak heran jika anak-anak di Indonesia sekarang tahu dan menyukai burger dari pada tiwul atau getuk yang notabene merupakan makanan tradisional khas Indonesia. Padahal kalau ditilik dari segi rasa, jajan pasar jelas lebih sesuai dengan selera lidah kita. Jajanan pasar juga lebih organik karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia dalam proses pembuatannya, sehingga boleh dibilang lebih sehat. Dari segi harga, jajan pasar juga jelas lebih murah.
Jika hal semacam ini dibiarkan, maka jangan heran kalau beberapa tahun ke depan jajan pasar hanya tinggal kenangan. Mari kita kenalkan jajan pasar sebagai kuliner tradisional kita kepada anak-anak kita. Sekali-sekali ajak anak-anak berbelanja di pasar tradisional dan kenalkan dengan jajan pasar. Agar salah satu kuliner tradisional kita tetap bisa dinikmati sampai anak cucu kita nanti.

Cari Menu Sari Rasa

Cetak Halaman Ini

Peta Sari Rasa

Formulir Kontak Sari Rasa

Nama

Email *

Pesan *