SELAMAT DATANG DI KATERING SARI RASA

Gudeg


Gudheg Kendil

Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek

Gudeg ada berbagai variannya, antara lain: gudeg basah, gudeg kering, gudeg Solo, gudeg kendil. Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer. Areh encer ini dibuat dari santan kelapa dibumbui dengan bawang merah dan putih, gula dan garam  yang dipanasi sampai masak kekuningan, sedangkan untuk areh kental, pemanasan santannya sampai kental kecoklatan. Areh rasanya sedap manis. Gudeg Solo biasanya memakai areh putih, sedang gudeg Jogjakarta arehnya cenderung kekuningan warna kunyit.

Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang. Gudeg kering cocok untuk oleh-oleh dan bekal bepergian jauh karena tidak mudah tumpah dan awet sampai dua hari jika disimpan dalam almari es. Gudeg Kendil, yaitu gudeg kering yang dikemas dalam kendil (alat masak dari gerabah). Kendil ini dulu banyak digunakan untuk masak gudeg sebelum perlengkapan dari aluminium atau stainless. Cita rasa masakan dengan kendil ini  lebih mantap dan aromanya khusus.
    Di Bukittinggi ada masakan yang mirip gudeg, yaitu gulai nangka. Masakan ini tidak menggunakan banyak santan dan tidak terlalu kental.  Gulai dicampur kacang panjang, kol, rebung, pakis, dan jengkol. Di samping gulai nangka, hampir seluruh lauk nasi kapau terdiri dari masakan daging-daging. Gulai usus  (gulai tambunsu) campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke usus sapi (karena usus kerbau lebih keras), gulai ikan, gulai tunjang, ayam panggang, teri balado, tongkol balado, dendeng balado, goreng belut, dan sambal lado hijau. Lauk nasi Kapau lainnya berupa ayam goreng, ayam goreng hijau gulai ayam, rendang ayam, rendang daging.

    Cari Menu Sari Rasa

    Cetak Halaman Ini

    Peta Sari Rasa

    Formulir Kontak Sari Rasa

    Nama

    Email *

    Pesan *